Rabu, 22 Oktober 2008

Sudah Bisa Jualan?!

Dalam proses berwirausaha, kegiatan berjualan (marketing/pemasaran) merupakan hal yang utama. Soal jual menjual, kita semua sudah tahu bahwa ini adalah suatu kegiatan yang boleh dikatakan suatu kegiatan ekonomi atau kegiatan sosial yang sudah berumur panjang. Kenapa ?, menurut saya yang namanya menjual itu bukan hanya menjual barang atau dagangan. Kegiatan menjual bisa saja dalam rangka mejual ide, menjual jasa, menjual peluang atau menjual apa sajalah termasuk menjual diri, yang penting disini bagaimana yang kita maui bisa dibeli atau dituruti oleh orang lain. Nah kegiatan semua itu kita sebut menjual.
Dalam kegiatan menjual, selain ada sesuatu yang akan dijual baik dalam bentuk barang atau dalam bentuk apapun, diperlukan suatu metode atau tehnik bagaimana cara untuk menjualnya. Untuk mencari kegiatan suatu usaha mungkin teman-teman akan mudah sekali mencari barang atau sesuatu untuk dijual. Tapi pertanyaannya bagaimana caranya agar barang atau jasa tersebut bisa laku ?. Tanpa mengetahui secara tepat cara atau teknik menjual barang, jasa atau ide, maka kegiatan menjual tersebut akan banyak gagalnya ketimbang lakunya. Padahal barangnya bagus, idenya cemerlang atau mungkin peminatnya sebetulnya cukup banyak. Oke, Anda mau coba jualan? Saya ada beberapa barang yang bisa Anda coba untuk latihan berjualan, atau sekedar tambah uang jajan. Silahkan cek di blog saya yang lain: gobisnis-kwu.blogspot.com/

18 komentar:

Aghus mengatakan...

Menurut pendapat saya:


kita utamakan pada kata-kata atau kalimat yang akan kita ucapkan kepada konsumen sehingga mereka akan tertarik pada barang yang kita tawarkan. Nama: Agus panoto
Nim : 07.5.00085

Icuk mengatakan...

Agar orang bisa membeli barang yang akan kita jual, kita harus bisa membuat orang lain tersebut percaya pada apa yang kita ucapkan. misalkan yang kita jual adalah produk yang banyak memiliki saingan, kita harus menawarkan barang tersebut dengan membandingkan produk lain. Yang intinya, barang yang kita jual adalah lebih baik dari yang lainnya. Atau kalo perlu, ada diskon disetiap jumlah pembeliannya. cara yang lain, mungkin kita harus senantiasa menjaga kebersihan barang yang kita jual. Ya kebanyakan orang, cenderung memilih yang bersih.Berhubungan dengan kebersihan, Saya kira kerapian juga perlu diperhatikan saat kita menjual barang. Dan kalau memang ada bukti, kita bisa menggunakan barang bukti juga agar pembeli bisa lebih percaya kepada kita.
Mungkin itu dulu... jawaban ini berdasarkan pengamatan tidak sengaja yang pernah saya alami. InsyaAllah beberapa cara tersebut, agar barang yang kita jual bisa laku.

Setiap orang memiliki cara
tersendiri untuk bisa menjual
dagangannya.

Icuk - 07.5.00035 - TI / S1

Adhi s_tyllo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Adhi s_tyllo mengatakan...

menurut saya yang penting kita harus lebih kreatif dari orang lain.

sehingga orang lain pasti lebih tertarik dengan apa yg kita tawarkan.

dan jangan sampai lupa dengan promosi yg secara berkala.

seperti yg terjadi di media elektronik,mereka tak henti2nya berkomersial tentang produknya.

seperti sy sendiri mencoba berkreasi dengan Elektronik khususnya untuk lampu LED Otomotif.
(apa lagi Lampu LED (sebagai pengganti Bohlam/lampu Pijar) salah satu solusi mengatasi Global Warming.
ad contoh barang yg di jual d media cetak dengan harga yg sangat mahal.
sedangkan sy berani banting harga.
jadi konsumen pun tertarik dgn barang/jasa yg lebih murah dgn yg lain dengan kualitas yg sama.

ADHI BUDHI P
TI / D3
08.3.00001

STMIK
SINUS

bintang-kecil mengatakan...

menurut pendapat saya:
memang cara berbicara agar konsumen sangatlah penting...
namun ada kalanya kualitas barang juga pantas dipertimbangkan,,
konsumen tidak mudah percaya jika barang tersebut berkualitas,,,
seperti SPB/SPG yang menawarkan barang2 dari 1 rumah ke rumah yang lain,,,
kebanyakan dari konsumen tidak terlalu percaya pada kualitas barang yang dijual,,,
jadi dalam menjual,,
kita juga perlu mempperhatikan kualitas barang yang ditawarkan
di samping juga cara komunikasi
kita agar konsumen percaya pada kita

by :
Tri Hartanti
07.5.00070

herlieyku.blogspot.com mengatakan...

Menurut Saya menjual yaitu kegiatan memasarkan suatu barang atau dalam
bentuk apapun dengan tujuan memperoleh suatu keuntungan.

Cara yang dilakukan agar barang atau jasa tersebut laku yaitu :
-Menghasilkan Barang atau jasa yang berkualitas.
-Menentukan harga jual yang tepat agar dapat dijangkau semua kalangan Masyarakat.
-Membuat kemasan yang bagus, sehingga menimbulkan daya tarik yang tinggi bagi konsumen.
-Membuat selebaran, pamflet ataupun brosur-brosur untuk memperkenalkan barang atau jasa tersebut kepada masyarakat.

By : Novyan Diatmaja
Ti/S1
07.5.00053

zoax mengatakan...

Menurut saya pengusaha sekarang ini sudah sangat salah kaprah. Walaupun tidak semua pengusaha seperti itu. Kebanyakan pengusaha seperti berjualan hanya ingin bagaimana memperoleh untung yang besar dalam waktu yang singkat dan biaya produk yang seminim mungkin, dalam artian modal sedikit untung banyak. Perlu kita ingat bangsa ini susah ekonominya sehingga dari dulu sampai sekarang bangsa ini tidak pernah maju. Bukan karena orang pemerintahan saja yang sudah rusak akhlak dan kinerjanya seperti korupsi.

Jadi ide-ide dan strategi yang cemerlang dalam berwirausaha memang diperlukan. Tetapi yang penting juga dibutuhkan adalah perilaku nasionalisme dari orang yang berwirausaha tersebut kepada orang sebangsa setanah air sendiri. Maksud saya agar sesama orang indonesia terdapat rasa nasionalisme yang tinggi. Agar sesama bangsa sendiri tidak saling merugikan. Semua itu agar berwirausaha dapat terus bertahan dan berkembang tidak hanya disini saja, tetapi dapat dikenal dan diakui oleh bangsa lain, tentunya berguna bagi masyarakat.

Intinya berwirausaha seperti berjualan tidak selalu hanya memikirkan untung saja ataupun bagaimana agar usaha kita dapat berkembang dengan melakukan segala cara, walaupun itu merugikan orang lain. Tetapi juga harus berpikir bagaimana jasa atau barang yang kita jual dapat bermanfaat bagi masyarakat maupun bangsa ini di kemudian hari.

R. Hadwi Prihatanto
Nim : 08.5.10107

WeNDha mengatakan...

Menurut saya laku dan tidaknya atau dalam artian berhasil dan tidaknya kita menjual barang/jasa dalam, dipengaruhi beberapa hal yaitu diantaranya :
Pertama kita dengan niat yang ikhlas untuk melakukan penjualan barang/jasa dengan dibarengi doa kepada Allah SWT, dengan harapan barang atau jasa yang kita jual, mampu memberikan manfaat yang berarti bagai pelanggan
Kedua, sikap dan tutur kata kita harusnya selalu dalam kondisi yang sopan, menarik, tanpa menjelek-jelekkan barang/jasa pesaing kita, namun kita harus mampu memberikan keyakinan kepada pembeli untuk dapat membeli barang/jasa kita yang mungkin bermanfaat
Ketiga Dalam menjual barang dan jasa kita, hendaknya kita selalu memberikan yang terbaik, dalam arti produk yang kita jual adalah barang yang bagus tanpa ada cacat/kekurangan, sehingga dengan demikian pembeli mampu merasakan kepuasan dengan membeli produk barang/jasa kita.

K a r n O s mengatakan...

NIP 07.5.00042
Wah bicara menjual...yang terpenting kalau bicara menjual adalah bagimana ide, gagasan, barang , atau jasa itu laku.dan kita mendapat untung dari jualan itu, tidak mau dong kita jualan tapi rugi..mengenei teknik menjual yang paling utama dalah bagaimana kita mendapatkan kepercayaan dari konsumen, agar mereka tidak merasa rugi membeli barang kita...Nah timbul pertanyyan lagi , Giman ya biar konsumen tidak merasa rugi..??????itu dia , tapi kalau kita jualan untuk kepentingan instansi hal itu bukan faktor utama..faktor utamanya relasi...relasi...

Unknown mengatakan...

dalam berjualan, kita harus memperhatikan kualitas barang, selain itu kita harus pandai dalam menawarkan dagangan pada pembeli.sehingga pembeli merasa tertarik pada apa yang kita tawarkan.

mastuti
08.5.10062

DanangPututh mengatakan...

danang pututh ngendiko...
yg paling utama dlm mempromosikan barang adalah promosi,atau iklan. dg cara tsb dan tentunya dg berbagai cara yg bisa menarik perhatian pembeli. ada cara lain mgkn yg bisa mendukung,misal: mengasih contoh gratis pd pembeli shingga pembeli tahu keaadaan barang dagangan tsb. juga bisa dg SPG,mgkn akan lbh maksimal. cukup sekian terima kasih.

danang putut h
ti-s1/07500015

awib mengatakan...

Menurut saya ,"Dalam rangka menjual/berbisnis yang penting kita tau dulu apa produk dari kita,kita kenali dulu sebelum memperkenalkan pada orang lain.Pendekatan ke pasar secara continue dan mengharapkan feedback dari calon konsumen.Dengan begitu akan terjalin komunikasi yang lancar yang nantinya akan mempermudah dalam memasarkan produk". Terimakasih.
NIM : 07.5.00034

Gembelarto mengatakan...

menurut saya dalam kita berjualan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan bukan hanya terletak pada bagus tidaknya suatu barang yang akan di jual. Analiasa pangsa pasar yang ada, strategi penjualan dan yang pasti kita buat produk itu di kenal dan terbukti di konsumen.
secara tidak langsung kita telah menaruh kepercayaan kepada konsumen kepada produk kita. jika seorang konsumen sudah percaya pada kita maka harga tinggi dan rendah itu menjadi relatif.
dalam berjualan harga murah belum tentu stategi yang bagus, di karenakan selain kita akan menggung akibat yang telah kita lakukan sendiri, pasar di sekitar akan mengikuti langkah tersebut dan membuat bisnis tersebut menjadi tidak kondusif.
intinya dalam berjualan adalah kepercayaan harus kita tanamkan kepada konsumen terlebih dahulu.
dalam hal berjualan memang kita memulai dari suatu yang kecil yang akan kita kenalkan pada masyarakat hingga mendapat kepercayaan.
bisnis jual beli barang memang mengandung resiko yang tidak kecil, di karenakan kita harus berfikir cepat dan cerdas dalam menentukan setiap strategi penjualan kita.

Kusmanto haryadi
07.5.00044

mihawks mengatakan...

barang akan laku di Pasaran jika sang penjual sangat menarik untuk dipandang...dan oleh karena itu menurut saya PENAMPILAN sang pembeli lebih penting dari pada RASA dan ISI barang yang dipasarkan...

DanangPututh mengatakan...

danang ngendiko...
1.usahakan barang yg akan di jual tsb di promosikan.
2.mengunakan SPG kolo perlu.
3.yg penting jgn sampai menjual diri untuk menjual barang tsb,he..he..he...

danang putut h
ti-s1/07500015

doniepus mengatakan...

Menurut Saya menjual yaitu kegiatan memasarkan suatu barang atau dalam
bentuk apapun dengan tujuan memperoleh suatu keuntungan bagi kita.

Cara yang dilakukan agar barang atau jasa tersebut laku yaitu :
-Memasarkan barang dagangan kita dengan membuat brosur-brosur agar dikenal masyarakat.
-Menghasilkan Barang atau jasa yang berkualitas/bermutu.
-Menentukan harga jual yang tepat agar dapat dijangkau semua kalangan Masyarakat.
-Membuat kemasan yang bagus, sehingga menimbulkan daya tarik yang tinggi bagi konsumen.
-Memenuhi kebutuhan yang diinginkan konsumen.
-Mengaransi barang/dagangan/jasa jika terjadi cacat pada suat produk kita.
-Memeberikan kenyamanan saat proses jual/beli berlangsung.

Ferly Wisantoko
Ti/S1
07.5.00023

seribu puisi mengatakan...

pak tri berkata...
untuk menjaul dagangan agar cepet laris atau cepaet laku, Tentunya harus ada :
1. peningkatan kualitas barang
2. kasih cover atau kemasan yang menarik
3. jual barang didaerah yang benar - benar memerlukan
4. dan terakhir beri diskon secara besar - besaran tetapi tentunya perlu memanipulasi harga agar untungnya banyak...
he..he,,

khusus untuk no 4, buat bisnisman yang jujur jangan ditiru yach...
soale hukumnya HARAM...


nama : Tri Purdiyanto
NIM : 07500071
Jurusan : TI-S1

sawitcilik mengatakan...

barang bisa laku apabila dipasarkan dengan cara mempublikasikan kepada kalayak dengan begitu orang akan mengetahui barang yang akan dibutuhkan.tidak hanya itu saja itupun harus mempunyai trik khusus agar barang yang dijual cepat direspon oleh masyarakat.misalnya dengan menggenakan media iklan yang menarik,bisa surat kabar ataupun elektronik.dengan mengunggulkan kualitas barang yang dijual serta pemahaman tentang barang cara penggunaan,manfaat barang yang dijual

supyani/TI-S1
07.5.00068