Minggu, 19 Oktober 2008

Wirausahawan (pengusaha) itu ......

Seorang pengusaha (wirausahawan) itu adalah orang yang dapat mengenali potensi yang ada pada diri dan lingkungannya, serta mampu mengembangkan potensinya tersebut untuk menangkap peluang dan mencapai apa yang dicita-citakannya.
Potensi merupakan segala sesuatu yang kita miliki yang dapat kita manfaatkan untuk mencapai apa yang kita inginkan. Setiap manusia sudah pasti memilki potensi yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Masalahnya adalah, tidak semua orang mengetahui dan menyadari potensi yang dimilikinya selama ini. Namun potensi diri seseorang terdapat dua jenis, yaitu kelebihan dan kelemahan dari masing-masing orang. Bila seseorang mengenali dirinya dengan baik, maka dia akan mampu menyebutkan segala kelebihan dan kelemahan yang ada pada dirinya. Akan lebih baik bagi seseorang, untuk lebih fokus pada kelebihan yang dia miliki agar lebih sukses dalam hidupnya. Jangan lebih fokus pada kelemahan, karena bila kita berusaha memperbaiki kelemahan kita, maka kita akan menjadi sama dengan orang lain (orang rata-rata). Sebagai contoh, bila kita merasa tidak memiliki ketrampilan dalam berbahasa Inggris, maka kita mengikuti kursus bahasa Inggris, padahal sudah banyak orang yang bisa berbahasa Inggris dengan baik.
Cita-cita merupakan tujuan, harapan dan impian hidup kita. Kita harus memiliki cita-cita ini, karena akan menuntun langkah hidup kita menjadi lebih baik. Usahakan kita dapat menggambarkan cita-cita ini dengan jelas dan detail, karena otak kita sebenarnya membutuhkan program yang jelas untuk dijalankan. Banyak yang memiliki cita-cita "menjadi orang sukses", sebenarnya tidak salah, hanya kurang jelas dan detail. Ada seseorang yang menjadi pengangguran yang sukses, pencuri yang sukses, dan lain-lain. Oleh karena itu perincilah cita-cita kita, ingin sukses sebagai apa, bagaimana dan lain sebagainya. Semakin jelas, akan semakin mudah untuk mencapainya. Selamat Mencoba!

16 komentar:

Adhi s_tyllo mengatakan...

setuju Pak...

yg penting kita harus fokus pada Impian kita...

kelemahan akan tertutupi oleh kelebihan yg kita manfaatkan dengan maksimal...

allways be positif thinking!!!
never give up!!!
and we will be a winner!!!!


by : ADHI BUDHI P
TI / D3
08.3.00001

bintang-kecil mengatakan...

saya mau tanya nih pak,,
kalo lingkungan di sekitar saya penuh dengan industri,,
seperti pabrik2 gitu,,
trus juga banyak yang jualan makanan,,
ataupun toko2,,,conter hp,,,
menurut bapak,,,
usaha lain apa yang perlu ada di sana???
rencana saya,,,
ingin buat usaha rental kecil2an dulu pak,,
menurut bapak gimana??

by :
07.5.00070

Icuk mengatakan...

bagi saya potensi merupakn sebuah modal. Jika kita sudah yakin dengan potensi kita, apa salahnya jika "modal" itu kita gunakan dengan sebaik-baiknya.

hapza mengatakan...

cita - cita ataupun impian memang harus diraih. untuk meraihnya diperlukan sebuah usaha. dan usaha itu membutuhkan modal. yach, potensi adalah modal yang paling besar yang kita punya untuk meraih sebuah impian.setuju banget pak kalo kita harus mengetahui potensi yang kita punya sebagai modal meraih impian.
hapsari trisna w. 08.5.10097

herlieyku.blogspot.com mengatakan...

Saya setuju dengan pendapat bapak.
Karena dengan cita-cita, membuat arah kehidupan yang dijalani lebih terarah yaitu
berupaya mewujudkan cita-cita tersebut.
Kelebihan yang dimiliki terus diasah dan dikembangkan, hal ini akan menutupi kelemahan yang ada.

By : Novyan Diatmaja
Ti/S1
07.5.00053

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

setuju sama pendapat Bapak, bahwa kadang sulit menemukan kelebihan dan kelemahan yang kita miliki. makasih juga atas nasihat bapak bahwa jangan terlalu fokus untuk menutupi kelemahan, tetapi lebih baik fokus pada kelebihan yang kita miliki.

mastuti
08.5.10062

Unknown mengatakan...

alright sir,

I agree with your oppinion, grow up your oppinion for next sir ......

thanx

By
07.5.00010

awib mengatakan...

Untuk mengenal potensi dan cita-cita pada diri sendiri memang tidak semudah saat seperti kita menilai orang lain,dimana perasaan kurang percaya diri kita lebih dominan, karena kalau kita terlalu Percaya (terlihat angkuh) diri kita takut dianggap sombong oleh orang lain.Menjaga perasaan orang lain untuk menjaga keselarasan,karena masih banyak cara untuk meng-explore diri tanpa menyinggung perasaan orang lain.Terimakasih.
NIM : 07.5.00034

grombolan suka kopi mengatakan...

memang potensi merupakan hal yang harus dikembangkan dan sangat penting dalam mencapai suatu cita-cita tapi masalahnya bagaimana cara mengetahui potensi dalam diri kita....?


Agus panoto
07.5.00085

Gembelarto mengatakan...

Menurut saya seorang Wirausahawan atau pengusaha itu. orang yang mampu berfikir relistis akan peluang di hadapanya. pengusaha yang baik adalah seorang pengusaha yang mampu menggunakan kelebihanya dengan maksimal tetapi dengan batasan - batasan. yang artinya kita tidak dapat memforsir apa yang kita anggap sebagai kelebihan untuk mengembangkan usaha,di karenakan kalau terlalu besar akan menimbulkan kesombongan. tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan kita menengok kelemahan yang kita miliki. masih banyak kelemahan yang tanpa kita sadari adalah kelebihan kita.

seseorang yang merasa takut akan kelemahan dan bangga akan kelebihan adalah orang yang berjalan di jalan yang salah. Seorang yang mempunyai Kemampuan berwirausaha yang bagus, dia akan menggunakan suatu kelemahanya sebagi suatu senjata dasyat yang menjadi kelebihan. dapat kita contohkan : Saya kenal dengan penyiar tv local di solo inisialnya BYRM ( ' maaf tidak sebut merk')dia orangnya sangat gemuk, tetapi dia memeliki pemikiran yang matang sehingga menjadikan kelemahan itu sebagai suatu kelebihan yang telah mendapatkan pengakuan dari masyarakat.

saya kira itu saya uraian dari saya. intinya Orang sukses adalah orang yang tahu akan kelemahan dan kelebihanya, serta dapat melihat peluang yang dapat menggunakan kelemahanya menjadi kelebihan. " Gembelarto "

Kusmanto Haryadi
07.5.00044

doniepus mengatakan...

Saya setuju dengan pendapat bapak.
Karena dengan cita-cita, membuat arah kehidupan yang dijalani lebih terarah yaitu
berupaya mewujudkan cita-cita tersebut.
Kelebihan yang dimiliki terus diasah dan dikembangkan, hal ini akan menutupi kelemahan yang ada.
Sedangkan kelemahan kita buang jauh-jauh dari kehidupan kita.
Karena kelemahan sama dengan kekurangan atau keburukan sehari-hari kita.
Jadi Kelebihan lebih diutamakan daripada kelemahan/kekurangan/keburukan kita.
Dan salah satu lagi didasari dengan Niat dan tekad. Karena jika kita mau kita akan menjadi sukses.

Ferly Wisantoko
Ti/S1
07.5.00023

gugun mengatakan...

Gu_2n@....Potensi
Dalam dunia perdagangan dan bersaing untuk hidup yang lebih baik dan layak, sesorang harus mengembangkan jiwa usahanya, yang didalam keseluruhan tujuan hidup manusia pasti menginginkan kepuasan dunia dan akhirat. Tapi berhubungan dengan potensi, berarti hubungan antara manusia dengan dunia usaha atau berkaitan dengan hidupnya. Memang potensi yang dimiliki manusia / seseorang sangan berbeda, karena tingkat kesibukan, lingkungan, fikiran, pekerjaan menjadi berpengaruh pada kekuatan potensi diri pada manusia untuk berkembang. untuk mengembangkan potensi diri kita harus tahu kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Karena semuaitu akan menjadikan kita sadar untuk mengarahkan Potensi kita. Baik kekurangan maupun kelebihan akan menjadi sebuah keberuntunganjika kita mau mengembangkannya.
Cita2, jika kita berusaha keras untuk bisa menggapainya diawali dengan doa, usaha dan kiat yang kuat kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan. Tapi cita – cita tak selamanya mulus tercapai, pasti ada halangan dan rintangan yang menghadang sesuai porsi kekuatan seseorang. Yang penting disertai dengan doa dan usaha, jadilah orang yang selalu optimis menghadapi sesuatu…jadikanlah cita2 adalah sebuah keingingan kita untuk menjadikan hidup kita lebih berarti, maka kita akan menjalaninya dengan penuh semangat…..07500029

DanangPututh mengatakan...

Danang pututh

Potensi bs di bilang sngtlah penting dalam mnentukan langkah kita untuk mencapai cita-cita,sehingga mngenali kelebihan bagi sy adlh hal yg hrs di pikirkan lbh awal sblm kita menentukan cita-cita kita,tentunya di sertai usaha.
Apa yg kita pikirkan ke depan akan lebih sempurna, kita lebih detail merancang cita-cita kita tentunya dg potensi yg ada sehingga otak itu jelas melaksanakan tujuan tsb.


danang putut h
07500015
ti-s1

K a r n O s mengatakan...

terima kasih pak telah dingatkan untuk fokus pada kelebihan...saya sangat setuju pada pendapat tersebut...kelebihan itulah yang akan kita perhatikan dan bagaimana kita membuat kelebihan kita semakin berkualitas

seribu puisi mengatakan...

klo menurut saya tentunya setiap orang mempunyai potensi yag berbeda2, tp masih banyak orang yang belum menyaari potensi diri sendiri

untuk itu kita perlu mengenal potensi diri dengan cara cara tertentu, sebagai contoh mungkin buat pertanyaan sendiri tentang kelebihan dan kelamahan dan tentunya dijawab sendiri juga,
dari situ tentunya kita akan berpikir tentang keseharian kita
apa kelemahan dan kelebihan kita

setelah mengenali diri sendiri tentukan tujuan hidup / cita - cita kita, mo jadi apa kita nanti

kemudian motivasi diri sendiri agar tujuan hidup kita tercapai


Tri Purdiyanto
07500071
TI-S1